.::Assalamu'alaikum, Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2015/2016 SMK Ma’arif 2 Gombong, telah siap menerima calon peserta didik baru untuk 3 (tiga) jurusan yaitu: Teknik Elektro (Teknik Audio Video), Teknik Otomotif (Teknik Kendaraan Ringan) dan Teknik Pendingin dan Tata Udara. Buruan, daftarkan diri Anda segera !! hanya di SMK Ma’arif 2 Gombong::..
"Hadir dan Ikuti Pengajian dalam Peringatan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW Tahun 1436 H SMK Ma'arif 2 Gombong pada acara tersebut yang akan dilaksanakan pada : Hari Jum’at, 15 Mei 2015 Pukul 07.00 s.d. selesai bertempat di Masjid Nuurul Muhajirin Wanalela, Kemukus Gombong pembicara: K.H Ghufron dari Karangsari, Kebumen

Sabtu, 17 Mei 2014

SELAMA RAMADHAN MA'ARIF PESANTRENKAN SISWANYA

Kebumen (Kamis,26/7/12) dalam rangka menanamkan karakter pesantren kepada siswanya SMK Ma’arif  2 Gombong pesantrenkan siswanya selama Ramadhan.

Kegiatan sekolah yang rutin di adakan selama bulan Ramadhan ini sudah berjalan selama 4 tahun. Kepala sekolah SMK Ma’arif 2 Gombong, Ngadino, S.Kom mengatakan SMK Ma’arif 2 Gombong adalah sekolah yang berkarakterkan pesantren dan kegiatan pesantren ramadhan dengan menempatkan siswa di pesantren-pesantren salaf secara langsung itu akan lebih mengena dalam membentuk karakter pesantren siswa lebih dari itu target yang diharapkan sekolah adalah menambah wawasan keilmuan siswa mengenai pengatahuan turast salafi islami (kitab kuning) selain itu karena SMK Ma’arif 2 Gombong dibawah naungan NU maka kegiatan ini juga sebagai media untuk menambah wawasan pengetahuan tentang ke Nahdiyiinnya dan Ahlussunah Wal Jamaah ala manhaj fikr wal harakah NU.

Dra. Robingatun selaku Waka kesiswaan SMK Ma’arif 2  Gombong sekaligus ketua panitia kegiatan didampingi  Arif Rochman, S.Pd.I mengatakan kegiatan pesantrten Ramadhan ini di mulai tanggal 6-20 Agustus 2011 dan diikuti oleh seluruh siswa kelas 10 dan 11 dengan jumlah rombel 19 kelas, siswa ditempatkan di 11 pondok pesantren salaf yag ada di Kabupaten Kebumen diantaranya adalah Pon.Pes Riyadlotul Uqul Nampudadi, Petanahan, Pon. Pes Darussa’adah Kritig, Petanahan, Pon.Pes At Tauhid, Jaganertan Petahanan, Pon. Pes Nurul Falah Jabres, Sruweng, Pon.Pes Husnul Hidayah, Karangtanjung, Alian, Pon.Pes Al Azhar, Kalijaya, Alian, Pon.Pes Riyadotul Ulum Kalirejo, Kebumen, Pon.Pes Riyadotut Tolibin, Batil, Tanjungsari, Buluspesantren, Pon.Pes Darul Ulum, Lumbu, Kutowinagun, Pon. Pes Al Muhajirina Wal Ansor Pesayanagn, Prembun, Pon. Pes Mambaul Hisan, Sitibentar, Mirit. dipesantren-pesantren inilah siswa akan dididik pengetahuan keislaman ala pesantren salaf karena mengenai metodologi, cara kehidupan sehari-hari dan proses pembelajaranya siswa, di serahkan seutuhnya ke pihak pesantren yang ditempati siswa, pesantren juga berhak menetapkan gagal atau tidaknya siswa dalam mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan, dan bagi siswa yang dinyatakan gagal tahun ini diwajibkan mengulang di tahun berikutnya seperti hanlnya tahun sekarang ada 4 siswa kelas 12 yang masih mengikuti kegiatan ini karena tahun kemarin dinyatakan gagal mengikuti kegiatan pesantrten ramadhan.

Selain kegiatan pesantren Ramadhan Ma’arif 2 juga mengadakan kegiatan Nuzulul Qur’an dan shalat taraweh bersama bagikelas 12 selain diwajibkan KBM diwaktu pagi bagi siswa kelas 12 juga di wajibkan mengikuti kegiatan pesantren ramadhan di sekolah sore harinya.
Dipesantren-pesantren ini siswa diharapkan aktif mengikuti kegiatan karena kegiata pesantren ramadhan ini dihitung sebagaimana kegiatan hari efektif biasa da peraturan yang berlaku di sekolah baik kredit poin pelanggaran maupun yang lainnya dan siswa juga diwajibkan mematuhi peraturan peraturan pesantren yang di tempati imbuh Robingatun ketika di temui dalam acara pemberangkatan siswa kepesantren sabtu kemaren.

Upacara pemberangkatan siswa di hadiri juga oleh komite sekolah SMK Ma’arif 2 Gombong, tokoh masyarakat di kecamatan Gombong dan PC LP Ma’arif NU Kebumen. dalam sambutanya Heru Sutoto, SH selaku PC LP Ma’arif  mengatakan sangat mendukung kegiatan SMK Ma’arif 2 Gombong karena SMK Ma’arif 2 Gombong sebagai sekolah di bawah naungan LP Ma’arif NU adalah sebagai basik awal penanaman jiwa dan pegetahuan ke NU an bagi generasi muda NU juga sebagai benteng bagi generasi muda NU dari gerakan-gerakan islam ektrim yang sering muncul akhir-ahir ini selain itu sebagai benteng dari menjamurnya aliran-aliran Islam yang sesat bahkan aliran yang merongrong keutuhan NKRI dengan propagandanya.. sedangkan Drs.K.H Syarif Hidayat dalam sambutannya selaku ketua tanfidziyah MWC NU Kecamatan Gombong menghimbau kepada siswa agar selalu memupuk hiroh belajar siswa dan menjunjung ruh NU.

Dinilai Berhasil
Ngadino dalam sambutan pemberangkatanya menambahkan kegiatan bulan Ramadhan selama berjalan 4 tahun ini  memberikan berbedaan yang signifikan ke siswa-siwanya karena pesantren sebagai lembaga pendidikan tertua di Indonesia bahkan didunia mempunyai kelebihan tersendiri di banding pendidikan lain baik mengenai metodologoi maupun pendidikan kekeluargan, ta’awun, dan ukhwahnya dengan jargon Asah, Asih dan Asuhnya pesantren tetap eksis  sebagai lembaga pendidikan yang metodologinya kini mulai ditiru oleh sekolah-sekolah modern.

Selain itu bukti dan perubahan yang nyata bagi siswa setelah mengikuti kegiatan pesantren Ramandah di pesantren secara langsung adalah kesadaran beribadah siswa dan adab/sopan santun siswa lebih baik dan menonjol di bading sebelum mereka ditempatkan di pesantren, karene sebelumnya 4 tahun yang lalu SMK Ma’arif 2 Gombong juga aktif megadakan kegiatan pesantren ramandhan namun tetap dilakukan di sekolah namun manfaat dan pengaruhnya dinilai kurang.

Kontributor : Saifudin Madu Go

Tidak ada komentar:

Posting Komentar